Ilustrated : Google Image
Sebagian banyak orang mungkin pernah melupakan jadwal rapat yang sangat penting dan jadwal makan siang bersama kekasih. Namun, jika terjadi berulang - ulang, itu bisa membuat tanda tanda kemampuan otak sudah sangat atau mungkin sudah melemah. Dalam artian, dibutuhkan beberapa cara untuk mengembalikan bahkan memperkuat kemampuan otak untuk berpikir lebih jernih dan mengingat hal hal yang penting di dalam hidup ini.

Memperbaiki kemampuan otak dengan mengisi teka teki silang atau bermain game asah otak mungkin sudah sangat sering kita dengarkan setiap hari, tetapi ternya ada juga hal hal yang mungkin anda tidak percaya atau bisa di bilang "Aneh" yang juga dapat mengembalikan kemampuan otak kita.


1, Mandi dengan menutup atau memejamkan mata.

Aktivitas mandi memang cukup sulit dilakukan dengan mata tertutup. Untuk mempermudahnya, anda bisa menyiapkan terlebih dahulu sabun, sampo, atau produk produk lain di sekitar anda agar mudah di hafal. "Faktanya, melakukan sesuatu dengan mata tertutup merupakan cara tercepat untuk melatih tingkat ke fokusan kita dan ingatan kita" - Ron White, pemenang kompetisi mengingat di Amerika Serikat untuk kedua kalinya.

2. Mencoba aksi kidal atau memakai tangan kiri

Jika anda bukan kidal, cobalah beraktivitas dengan tangan kiri anda, seperti menulis atau menyikat gigi, atau sebaliknya bila kalian kidal. Ini dapat membuat otak kalian "BELAJAR" untuk melakukan hal yang baru. Saat menggunakan tangan yang tidak bisa di pakai untuk beraktivitas, akan lebih banyak area otak yang diaktifkan sehingga dapat meningkatkan kemampuan otak untuk bekerja lebih.

 3. Bermain tenis meja

 Pernah main tenis meja ? yup, permainan ini dapat meningkatkan kemampuan koordinasi interaksi mata dan  tangan. Menurut Daniel Amen, peneliti pencitraan otak, penting bagi kita untuk memperbaiki kemampuan  koordinasi sebab akan memudahkan otak untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan.

 4. Berdansa atau menari

 Bergerak aktif tidak hanya mengaktifkan otak kecil (cerebellum), bagian otak yang berfungsi dalam    kemampuan berpikir dan menerka (menebak), tetapi juga memproduksi protein yang membantu sel saraf  berkomunikasi dengan lebih efektif.

5. Berbelanja

Meskipun berbelanja akan memberikan "beban" bagi dompet anda, tetapi ada manfaat yang mengejutkan bagi otak di balik kegiatan ini. Small mengatakan, anda melakukan banyak aktivitas fisik dan pikiran saat berbelanja, anda berjalan, bertemu orang, membuat perhitungan. Tetapi anda sendiri harus membatasi uang belanja. Jangan sampai kalian kelepasan membeli barang barang yang tidak di perlukan hingga membuat kalian stress kemudian

6. Juggling

Menurut sebuah studi di tahun 2013 yang di publikasi dalam jurnal Nature, belajar juggling dapat membuat sebagian area pada otak berkembang. "Ini dikarenakan aktivitas tersebut dapat melatih fisik, pengenalan pada pola, dan orientasi spasial yang mengaktifkan beberapa area sekaligus pada otak" - Sills

0 comments:

Post a Comment

 
Top